Babinsa Sumberejo Dampingi Petani Lakukan Perawatan Bibit Padi

Read Time:1 Minute, 19 Second

Mata Lensa||Madiun – Beras sebagai bahan pangan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia, beras juga merupakan unsur penting dalam sistem Ketahanan Pangan Nasional. Sebagai penopang sektor pangan, pertanian menjadi sektor yang sangat penting dan harus mendapatkan perhatian khusus.

Iklim tropis dan tanah yang subur seperti Indonesia sangat cocok untuk sektor pertanian. Tak ayal Indonesia dijuluki sebagai negara agraris. Kendati demikian, untuk mendapatkan hasil panen yang berlimpah pengetahuan para petani masih harus di upgrade sesuai perkembangan teknologi.

Terkait hal itu, untuk mendukung program swasembada pangan dan meningkatkan hasil panen, Babinsa Desa Sumberejo, Koramil 11/Geger, Kodim 0803/Madiun Serka Suyud Riyanto, melaksanakan pendampingan perawatan bibit padi di lahan pertanian milik anggota Kelompok Tani Sumber Rejeki II, pada Minggu (10/12/2023).

Disela kegiatannya melakukan penyemprotan insektisida pada bibit padi, Serka Suyud Riyanto menyampaikan, selama ini pihaknya telah mendampingi para petani, mulai dari membuka lahan, pembibitan, perawatan hingga masa panen. Hal ini ia lakukan untuk mencapai hasil panen yang maksimal.

“Kegiatan yang kami lakukan ini untuk membantu petani meningkatkan hasil panen serta sebagai bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang telah di canangkan pemerintah,” kata Serka Suyud Riyanto.

Terpenting, lanjutnya. “Setiap pentahapan dalam proses pertanian harus dilakukan dengan benar. Mulai pemilihan benih berkualitas, penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, pemupukan, pengendalian hama hingga proses panen,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan pendampingan tersebut perlu dilakukan dengan harapan setiap tahapan penanaman dan perawatan tanaman padi dilakukan dengan cara yang benar.

“Banyak kendala yang bisa diatasi bersama, seperti serangan hama dan pengelolaan lahan yang kurang tepat, sehingga dengan adanya pendampingan ini diharapkan produksi padi nasional dapat mencukupi kebutuhan masyarakat,” harapnya.

(Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Babinsa Koramil Dagangan, Berikan Bantuan Sayuran Bagi Masyarakat
Next post Wakili Danramil, Babinsa Koramil Teluk Batang Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024
Close
Visit Us On Facebook