Diskominfotik NTB dan Kemenkominfo RI Gandeng Ponpes Salaf Modern Thohir Yasin untuk Paparkan Bijak Bermedia Sosial

Read Time:2 Minute, 42 Second

Mata Lensa||Lombok Timur, NTB – Dalam upaya meningkatkan literasi digital dan promosi penggunaan media sosial yang bijak, Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika Provinsi Nusa Tenggara Barat (Diskominfotik NTB), bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI gandeng Pondok Pesantren Salaf Modern Thohir Yasin Lendang Nangka, berkolaborasi dalam menyampaikan bijak dalam menggunakan media sosial dan pesan-pesan bijak bermedia sosial, yang diberikan kepada generasi muda, khususnya santri dan Santriwati di pesantren tersebut.

Tabligh Akbar yang di rangkaian dengan Solawatan Nasional itu merupakan agenda dari Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, yang sebelumnya sudah di laksanakan di Jambi, Bali, Jawa Timur, dan NTB di Ponpes Salaf Modern Thohir Yasin Lendang Nangka Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Para peserta diajak untuk memahami pentingnya penggunaan media sosial yang positif dan bertanggung jawab dalam era digital yang semakin berkembang pesat.

Kepala Diskominfotik NTB di wakili Kepala Bidang Persandian Diskominfotik NTB, Safrudin, S.H,.M.H, menekankan bahwa media sosial memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari, namun juga perlu digunakan dengan bijak. Tentu untuk mengetahui batasan-batasan dalam bermedia sosial sudah di atur dalam perundang-undangan nomor 1 tahun 2024 tentang informasi transaksi elektronik.

“media sosial memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari, namun juga perlu digunakan dengan bijak”. Jelas Safrudin di Ponpes Salaf Modern Thohir Yasin Lendang Nangka, Selasa (02/04/2024).

Ditambahkan Saf sapaan akrab Kabid Persandian Diskominfotik NTB, Ada hal-hal yang harus di pahami saat bermedia sosial, seperti tidak langsung membagikan informasi baik berupa pesan atau konten-konten terlebih dahulu sebelum memvalidasi kebenaran dari informasi tersebut.

“Ada hal-hal yang harus di pahami saat bermedia sosial, seperti tidak langsung membagikan informasi kepada orang lain”. Tambahnya. Mereka juga membagikan tips dan trik untuk menggunakan media sosial secara positif, produktif, dan aman.

Kemenkominfo RI, yang diwakili Pranata Humas Ahli Muda, Waiji. C.SE.,MM,
menjelaskan, persatuan yang merupakan kunci kekuatan sebuah bangsa, dalam menghadapi segala permasalahan, dengan tetap bersatu dan merajut persaudaraan maka akan mencapai kemajuan yang lebih baik. Sesuai dengan tema dari kegiatan tabligh akbar tersebut _Merajut persatuan mempererat persaudaraan_.

Kebijakan dan regulasi terkait penggunaan media sosial serta upaya pemerintah dalam mempromosikan literasi digital di kalangan masyarakat. Mereka juga mengajak para santri untuk menjadi agen perubahan dalam memerangi penyebaran konten negatif dan hoaks di dunia maya.

“persatuan yang merupakan kunci kekuatan sebuah bangsa, dalam menghadapi segala permasalahan, dengan bersatu, maka mencapai kemajuan yang lebih untuk bangsa akan mudah”. Jelasnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Salaf Modern Thohir Yasin, Ustadz H. Ahmad Patoni, Ss., M.Pd menyambut baik kerjasama tersebut, dan berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi para santri dan santriwati dalam memahami etika dan tanggung jawab dalam bermedia sosial.

“Semua ini bukan hal yang datang secara tiba-tiba, kalau bukan berkat dari pada kementrian Kominfo, dan diskomifotik NTB, tentunya semoga itikad baik ini dapat menambahkan keilmuan santri dan santriwati di Ponpes kami dalam bijak menggunakan media sosial, dan emerangi informasi yang tidak Valid. Tutupnya.

Kerjasama antara Diskominfotik NTB, Kemenkominfo RI, dan Pondok Pesantren Salaf Modern Thohir Yasin ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam upaya membangun literasi digital yang lebih baik di kalangan generasi muda NTB. Semoga pesan-pesan bijak yang disampaikan dapat memberi dampak positif dan menginspirasi pengguna media sosial untuk menjadi agen perubahan yang baik dalam masyarakat,”Pungkasnya

(WJH/MLN )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Doktor Najam Paparkan Perjuangan Pemprov NTB Dalam Mengembangkan Portal NTB Satu Data
Next post Doktor Najam Paparkan Perjuangan Pemprov NTB Dalam Mengembangkan Portal NTB Satu Data
Close
Visit Us On Facebook